Cara Mengatasi “Current Account Is Not Bound To This Device” Saat Unlock Bootloader

Proses Unlock Bootloader (UBL) pada ponsel Xiaomi tidak selamanya mulus dan tanpa gangguan. Bisa saja ada beberapa kendala saat melakukan UCL. Dan beberapa kendala yang sering dialami adalah munculnya pesan “current account is not bound to this device”.

Perlu anda ketahui, Unlock Bootloader merupakan status pada ponsel yang bisa memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai edit system seperti oprek atau flashing.

Caranya adalah dengan mengajukan permohonan kepada Xiaomi. Setelah mengajukan permohonan, maka anda akan mendapat SMS approve yang biasanya tidak mencapai 10 hari lamanya. (Data dari situs netgeek.id )

Setelah menerima SMS disetujui, proses Unlock Bootloader bisa menggunakan bantuan MI Unlock Tools, namun belum tentu berhasil. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi munculnya notifikasi “current account is not bound to this device:

Cara Pertama

Cara pertama mengatasi pesan “current account is not bound to this device”, jika anda menggunakan ROM Resmi Xiaomi untuk UBL maka ada pilihan menu “Add Account and device”.

Maka yang anda lakukan selanjutnya adalah mengaitkan akun MI ke perangkat anda agar bisa melakukan Unlock Bootloader (UBL). Sebelumnya, aktifkan terlebih dulu Developer Option pada perangkat Xiaomi anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke pengaturan atau Settings
  2. Pilih “About phone” atau tentang ponsel
  3. Setelah masuk ke tentang ponsel, anda harus memilih informasi soal versi MIUI.
  4. Selanjutnya klik atau tap 7 kali hingga muncul tulisan “Sekarang anda adalah seorang pengembang”
  5. Kembali masuk ke pengaturan, cari “setelah tambahan”
  6. Cari dan masuk ke menu ”Developer option” Geser ke kanan untuk mengaktifkannya.
  7. Developer Option pada perangkat Xiaomi anda telah aktif. Maka selanjutnya pilih “Status MI Unlock:,klik “Add account and device”
  8. Tunggu hingga muncul pesan “Added Successfully”
  9. Setelah itu, ulangi proses unlock dengan menggunakan Unlock Tools

Cara Kedua

Cara kedua ini jika anda mendapat pesan error yang berbunyi “current account is not bound to this device”, pengguna sudah diberikan izin untuk melakukan Unlock Bootloader. Anda harus bersabar minimal selama satu minggu. Karena dalam beberapa kasus yang ditemukan di internet, setelah mendapat notifikasi SMS approve, langsung melakukan UBL dan gagal

Cobalah dalam waktu satu minggu, karena berdasarkan forum-forum di internet, unlock bootloader menggunakan akun baru membutuhkan waktu lama. Usahakan tidak mencoba untuk Unlock Bootloader menggunakan Mi Unlock Tools selama kurang lebih seminggu dan lihat hasilnya. Anda seolah-olah berpuasa untuk mencoba UBL.

Jika hal tersebut berhasil, maka bukan lagi notifikasi pesan berbunyi “current account is not bound to this device” lagi yang muncul, melainkan berganti menjadi “after 72 hours of trying to unlock the device”.

Mengapa demikian? Menurut beberapa sumber, proses UBL lama setelah menerima SMS approve dikarenakan banyaknya tingkat pencurian smartphone.

Unlock bootloader harus menunggu 7 hingga 10 hari karena bila ponsel anda dicuri, anda bisa menemukan ponsel anda sebelum pencuri menemukan kunci bootloader.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi pesan yang muncul bertuliskan “current account is not bound to this device” saat anda melakukan unlock bootloader.

Selain kedua cara itu belum ada lagi, cara pasti untuk benar0benar mengatasinya. Selamat mencoba, semoga dapat bermanfaat!