Etika Diskusi Offline dan Online

Diskusi merupakan salah satu kegiatan yang melibatkan berinteraksi antar satu dengan yang lainnya dalam sebuah percakapan ilmiah. Dimana beberapa orang bergabung dalam satu kelompok dan saling bertukar pikiran tentang suatu masalah dan berusaha untuk memecahkan masalah tersebut, hingga mendapatkan kebenaran atas suatu masalah yang dikaji.

Media komunikasi berkembang sangat cepat, sehingga mengharuskan untuk berdiskusi tidak hanya dalam tatap muka langsung, tapi juga dapat dilakukan secara online. Terlebih saat ini banyak tersedia aplikasi diskusi online yang akan memudahkan berbagai pihak dimanapun keberadaannya.

Sebelum masuk pada tahapan diskusi, perlu diketahui bahwa diskusi ini memiliki fungsi pokok. Seperti yang telah disebutkan dalam pengertian diskusi, fungsi diskusi adalah memecahkan suatu masalah, mencari jalan keluar dan menemukan jawaban dari maslaah tersebut. Selain itu juga berfungsi mengembangkan kemampuan diri untuk menyampaikan pendapat di hadapan umum.

etika diskusi

Etika Diskusi dan Tahapan

Ada beberapa tahapan diskusi yang perlu diperhatikan agar pembahasan yang akan didiskusikan dapat terkonsep dan berjalan dengan lancar. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menentukan Tema

Penentuan akan tema diskusi ini sangatlah penting agar apa yang akan dibahas ini ada batasan yang tepat. Selain itu juga lebih fokus pada tema yang dibicarakan, tidak keluar dari jalur.

  • Menyusun Tujuan

Maksudnya ialah, dalam sebuah diskusi tentu yang diharapkan adalah suatu kebenaran. Maka dari itu, agar diskusi berjalan dengan lancar dan menemukan akar permasalahan beserta solusinya, harus disusun tujuan yang hendak dicapai dari diskusi tersebut.

  • Menetukana Moderator

Karena melibatkan banyak orang untuk nantinya beradu pemikiran, maka alangkah lebih baik untuk menentukan moderatur yang akan memandu jalannya diskusi. Tidak hanya itu, moderator juga berfungsi untuk menjelaskan tujuan diskusi, mengatur proses diskusi, menyimpulkan hasil diskusi, menutup serta menyiapkan laporan hasil diskusi.

  • Menentukan Narasumber

Pembicara dan Panelis. Alangkah lebih baik untuk menghadirkan narasumber yang tepat sesuai dengan tema diskusi yang benar-benar mengerti bidang kajian yang dibahas. Selain itu, tentukan pula pembicara dan panelis yang akan menyampaikan pendapatnya nanti, walaupun semua orang dapat menyampaikan pendapatnya masing-masing.

  • Menentukan Notulen

Tugas dari seorang notulen adalah mencatat poin-poin penting dalam diskusi yang nantinya dapat membantu moderator untuk menyampaikan hasil dari diskusi.

  • Mengatur Posisi Duduk

Posisi duduk yang dapat menjangkau seluruh peserta secara nyaman dan tepat, akan membuat diskusi lebih hidmat. Pasalnya, diskusi dapat berjalan secara lancar apabila semua orang memperhatikan dan fokus hingga tidak terjadi kesalahpahaman. Tahapan ini dilakukan jika mengaruskan pertemuan langsung atau bukan online. Jika online sebaiknya gunakan aplikasi yang memadai.

Demikian itulah beberapa tahapan dari diskusi. Selanjutnya dalam mengikuti sebuah diskusi, agar dapat berjalan secara lancar dan aman, perlu adanya etika diskusi. Etika yang baik harus diikuti oleh semua peserta diskusi tanpa kecuali. Secara umum, etika diskusi yang harus diperhatikan oleh seluruh peserta diskusi yang hadir yaitu mampu mengikuti diskusi dan ikut melontarkan pendapat.

Selain itu, alangkah lebih baik jika benar-benar menguasai tema yang diperbincangkan. Peserta diskusi harus berbicara setelah dipersilakan oleh moderator, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tidak memaksakan pendapat, boleh menyanggah pendapat orang lain namun harus disertai dengan bukti atau fakta yang tepat serta harus menaati peraturan yang dibuat.

Selain bagi peserta, khusus bagi ketua diskusi juga memiliki etika diskusi khusus yang harus diperhatikan. Seperti memahami akan ketentuan diskusi, memimpin dengan tenang dan sabar serta tidak memihak kepada siapapun. Selain itu, ketua diskusi juga harus menghargai pendapat orang lain walaupun bertolakbelakang dengan pendapatnya. Beriskap tegas dan bijak serta mengatasi berbagai masalah dalam diskusi.

Adab Diskusi Online

Jika melangsungkan diskusi secara online, berikut ini beberapa prinsip etika diskusi online yang wajib diperhatikan, terutama saat ingin menambahkan atau mengeluarkan pendapat.

  • Berkomentar yang bertanggungjawab

Walaupun tidak berhadapan secara langsung, bukan berarti melontarkan komentar dengan bahasa yang tidak sopan. Perlu diperhatikan, karena apa yang ditulis akan meninggalkan bekas digital yang nantinya dapat pula berdampak pada orang lain. Pranata sosialnya sama hanya saja dibantu dengan internet.

Komentar yang tidak baik akan cukup perpengaruh pada psikologis banyak orang. Bahkan sebagian besar mengaggap jika itu adalah sebuah bullyan yang bermasalah besar pada psikologi orang. Jejak digital yang ditinggalkan dapat pula menghambat Anda dalam berbagai hal seperti terkucilkan di media sosial atau bahkan menghambat karir. Maka dari itu, berkomentarlah secara sopan.

  • Hargai Pendapat Orang Lain

Perbedaan pendapat memang kerap menjadi permasalahan dalam proses diskusi. Namun tetap saja harus menghargai pedapat orang lain dan tidak menjatuhkan orang lain. Komentar yang menunjukan ketidak senangan terhadap pendapat orang lain justru akan memicu konflik yang nantinya berdampak pada diri sendiri.

  • Fokus Diskusi

Upayakan agar terus fokus pada apa yang dibahas dalam diskusi. Mengingat banyak sekali diskusi online yang berujung konflik karena salah satu pihak yang menyerang pihak lain dan melebarkan fokus diskusi. Tentu itu akan sangat disayangkan dan terkesan tidak profesional. Bukanya menyelesaikan masalah yang ada justru menambah masalah baru.

  • Hindari Pendapat yang Sensasional

Banyak orang yang menyalahgunakan proses diskusi dengan mencantumkan pendapat yang menarik banyak perhatian. Bukan untuk tujuan memecahkan masalah namun ingin membuat orang tertarik dengannya yang nantinya mengikutinya di media sosial. Dengan begitu membuatnya viral dan memiliki banyak pengikut.

  • Pahami Etika Tidak Tertulis dalam Diskusi Online

Banyak sekali etika tidak tertulis yang ada pada diskusi online dan hal ini sering tidak disadari. Seperti penulisan komentar pendapat dengan menggunakan huruf kapital, dimana banyak orang menganggap  hal tersebut seperti ekspresi marah atau menghentak. Maka dari itu, biasakan dengan bahasa yang sopan dan sesuai etika diskusi yang ada.

Demikian itulah beberapa etika diskusi online yang perlu diperhatikan. Sebagai catatan hargai orang lain jika memang ingin dihargai. Agar diskusi dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya, maka perlu diterapkan metode diskusi yang disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Metode diskusi adalah sebuah cara yang dilakukan agar masalah yang didiskusikan terselesaikan. Selain itu juga memancing stimulus bagi peserta diskusi untuk berpendapat dengan kritis, sistematis dan juga menyumbang pemikiran-pemikiran terbaik yang nantinya mendorong terpecahnya masalah dengan baik dan benar.

Manfaat diskusi sangat banyak tidak hanya untuk suatu topik tertentu tetapi juga untuk diri sendiri. Diantaranya yaitu menambah ilmu pengetahuan dan juga pengalaman. Di samping itu juga menumbuhkan rasa saling menghargai, melatih kemampuan berbicara dengan orang lain di depan umum, menumbuhkan kemampuan berfikir secara analitis dan kritis serta menumbuhkan sikap demokrasi.

Demikian itulah berbagai macam yang ada dalam diskusi termasuk etika diskusi yang perlu diperhatikan. Walaupun setiap orang yang ikut diskusi dapat menyampaikan pendapatnya, namun dengan catatan sopan dan berisi.

You May Also Like

About the Author: Mike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *