Mengenal Macam – Macam Power Supply dan Fungsinya

Tahukah kamu apa saja jenis-jenis dari power supply?

Selain dibedakan berdasarkan klasifikasinya, macam-macam power supply secara umum juga dibedakan menjadi beberapa jenis, adapun penjelasannya dapat kamu simak dibawah ini:

1. AC Power Supply

Mudahnya jenis power supply yang satu ini adalah alat yang mempunyai fungsi untuk melakukan proses pengubahan arus tegangan listrik yang masuk. Misalnya dari dari mengubah arus AC menjadi DC. Nah arus DC inilah yang nantinya digunakan untuk mengoperasikan beragam perangkat elektronik di rumah.

2. DC Power Supply

Rangkaian power supply DC ini bisa dikatakan sebagai perangkat yang mampu memproses tegangan searah (DC). Proses tersebut juga menggunakan polaritas yang terbilang tetap. Disebut demikian karena perangkat tersebut memiliki 2 jenis beban, yaitu beban positif dan negatif.

3. Programable Power Supply

Programable power supply merupakan salah satu perangkat catu daya yang dalam proses operasinya justru tetap bisa dikendalikan sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Pengoperasian dari perangkat tersebut biasanya dibantu menggunakan bantuan remot kontrol.

4. Switch Mode Power Supply

Switch mode power supply (SMPS) memiliki saklar on dan off. Hal tersebutlah yang membuat jenis catu daya ini dapat menyearahkan tegangan AC menjadi DC secara langsung.

5. Uninterruptible Power Supply

UPS (uniterruptible power supply) memiliki dua sumber daya, yaitu dari tegangan utama input AC dan juga baterei yang tertanam langsung pada perangkat tersebut. Jadi apabila perangkat tidak bisa menggunakan tegangan dari arus utama, power supply akan menggunakan tegangan yang tersimpan dalam baterei sebagai sumber daya.

6. High Voltage Power Supply

High voltage power supply merupakan alat catu daya yang bertegangan tinggi. Hal ini ksarena menggunakan tegangan tinggi, pengoperasian juga digunakan untuk alat-alat yang membutuhkan kuat arus yang tinggi juga. Misalnya saja seperti digunakan untuk mesin X-ray dan lain sebagainya.