Seni Rupa 2 Dimensi: Pengertian, Contoh, Keunikan dan Unsur-Unsurnya

Apakah kamu pernah mendengar istilah seni rupa 2 dimensi? Mungkin bagi sebagian masyarakat umum istilah tersebut masih terasa asing di telinga mereka. Nah, melalui artikel ini kita akan membahas tema tersebut secara lebih lanjut. Pastikan agar kalian membaca artikel ini hingga akhir ya!

Taukah kamu jika seni rupa adalah salah satu cabang seni yang membentuk suatu karya seni dengan menggunakan media yang bisa dilihat dan juga dirasakan melalui panca indera. Seni rupa sendiri dibagi menjadi 2 macam yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi.

Akan tetapi, dalam artikel ini kita akan focus membahas tentang seni rupa 2D, mulai dari pengertian, contoh, keunikan, serta unsur-unsur yang ada di dalamnya,! Lets, check this out!

Apa pengertian seni rupa 2 dimensi?

Seni rupa dua dimensi merupakan sebuah karya seni rupa yang hanya terdiri dari 2 sisi atau ukuran yaitu sisi lebar dan juga sisi panjang, serta tak punya ketebalan.

Seni Rupa 2 Dimensi

Pada karya seni rupa ini juga tidak mempunyai dimensi ketiga atau yang biasa disebut ruang. Contoh karya seni ini adalah seni grafis, ilustrasi, lukisan serta beragam karya rupa lainnya.

Apa saja contoh seni rupa 2D?

Berdasarkan dimensinya, kita dapat mengetahui dengan mudah apa saja yang termasuk dalam kelompok seni rupa  2D. Sebagai contoh yaitu semua karya yang biasanya digoreskan di atas permukaan seperti kertas, papan kayu, plastic serta kanvas. Adapun contoh seni rupa ini antara lain yaitu:

1. Gambar

Ini merupakan seni rupa yang dibuat dengan cara digambar menggunakan media gambar seperti di atas permukaan kertas dan pensil. Sebagai contoh yaitu gambar ilustrasi, gambar suasana, gambar bentuk dan lain-lain.

2. Seni grafis

Seni grafis merupakan seni rupa yang dibuat melalui media cetakan, seperti cetakan kayu, sablon ataupun stempel.

3. Lukisan

Pengertian lukisan adalah sebuah karya seni rupa yang dilukis dengan menggunakan media seperti cat dan kanvas.

4. Desain komunikasi visual

Seni rupa dua dimensi yang satu ini merupakan nama lain dari desain grafis yang biasanya dibuat dengan menggunakan bantuan aplikasi computer. Dimana hasilnya kemudian akan dicetak dengan printer, contohnya desain banner, brosur, bahkan web.

Nah, setelah kalian tau apa pengertian serta contoh seni rupa 2D sekarang kita lanjut membahas mengenai apa saja keunikan dari seni rupa ini. Yuk, langsung saja simak infonya bersama-sama di bawah ini ya!

Apa keunikan seni rupa dua dimensi?

Taukah kamu mengapa jenis seni rupa 2D sampai saat ini masih saja terus dipakai? Salah satu alasannya adalah karena karya seni ini justru dapat memancing imajinasi yang lebih dari para audiensnya.

Gambar yang hanya dapat dilihat pada permukaan bidang yang datar ternyata lebih mudah untuk menciptakan berbagai pesan. Audiens akan focus serta mengapresiasi wujud fisik dan batin dari karya seni 2D ini.

Gambar 2 dimensi akan lebih cepat memancarkan berbagai pesan yang bisa membuat audiens tergelitik untuk menafsirkan narasi tersebut. Inilah yang menyebabkan masyarakat umum lebih mudah memahami serta menikmati lukisan daripada karya seni instalasi. Bagaimana, apakah sampai disini kalian sudah paham?

Apa saja unsur-unsur seni rupa 2D?

1. Titik atau bintik

Perlu kamu ingat jika titik atau bintik merupakan bagian dasar dari seni rupa yang paling kecil. Semua wujud yang dihasilkan akan bermula dari sebuah titik. Titik ini juga dapat menjadi pusat perhatian, apabila berkumpul serta memiliki warna yang berbeda-beda. Dan titik yang membesar biasa disebut dengan bintik.

2. Garis atau line

Garis merupakan unsur fisik yang mendasar serta penting digunakan untuk menciptakan sebuah karya seni rupa. Garis mempunyai dimensi datar memanjang, arah serta beberapa sifat khusus seperti panjang, pendek, lurus, melengkung dan lainnya.

3. Bidang

Bidang ialah gabungan dari beberapa garis yang bisa membentuk sebuah bangun datar, dan kumpulan bidang tersebut akan membentuk suatu bangun ruang. Dalam bidang terdapat dimensi panjang dan lebar. Ada 3 macam bidang yakni geometris, tak beraturan serta bersudut.

4. Bentuk

Bentuk dapat diartikan sebagai bangun (shape) atau bentuk plastis (form). Bangun merupakan bentuk benda yang polos, terlihat oleh mata, atau hanya untuk menyebut sifatnya yang tak beraturan, bulat, persegi dan lainnya. Sedangkan bentuk plastis adalah bentuk benda dalam sebuah ruangan yang tak hanya sekedar kotak tetapi juga punya nilai dan peran lainnya.

5. Tekstur

Tekstur yaitu sifat yang bisa kita rasakan ketika meraba suatu karya seni rupa, misalnya sifat kasar, halus atau licin. Ada 2 macam tekstur yaitu nyata (terasa saat diraba) dan semu (saat diraba dan dilihat berbeda rasanya).

6. Warna

Warna merupakan unsur penting yang ada dalam seni rupa, sebab warna menunjukkan rasa dan pesan yang ingin disampaikan oleh seorang pelukis. Ada 5 jenis warna antara lain yakni :

  • Primer/ warna pokok
  • Sekunder / campuran warna primer
  • Tersier/ campuran warna sekunder
  • Analogus/ warna yang saling berdampingan
  • Komplementer/ kontras

7. Gelap terang

Unsur ini sangat membantu pelukis dalam menyampaikan pesan dari lukisannya. Gelap terang akan memberikan kesan sebuah ruang dan kedalaman. Dimana unsur ini dapat terjadi akibat adanya perbedaan intensitas pemakaian warna hitam dan putih.

8. Ruang serta kedalaman

Unsur ini sangat berkaitan dengan gelap terang yang mana hal ini dapat membantu para pelukis dalam membuat lukisan mereka tampak cembung, jauh ataupun menjorok. Dan ini hanya bersifat semu saja, pasalnya kedalaman tersebut hanya sebuah ilusi yang sengaja diciptakan.

Oke, selesai sudah pembahasan kita mengenai seni rupa 2 dimensi. Semoga tulisan ini menambah wawasan bagi kalian semua ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here