Mengenal Apa Itu Seni Rupa Murni

Taukah kamu jika seni rupa murni merupakan salah satu cabang dari seni rupa. Lantas, apa yang dimaksud dengan seni rupa murni? Nah, selanjutnya kita akan membahas tema tersebut dalam artikel ini satu-persatu mulai dari pengertian, fungsi, contoh, jenis-jenisnya, serta beragam gaya seni murni. So, jangan beranjak dulu ya!

Sebelumnya ada hal penting yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Kalian harus menelaah pengertian dari seni rupa itu sendiri. Apa tujuannya?

Agar kalian lebih dekat dengan seni rupa, maka kita akan mengenal pengertian seni rupa yang paling sederhana. Jadi seni rupa adalah sebuah kreasi seni yang diapresiasikan melalui indera penglihatan dengan media yang tampak, serta mempunyai wujud fisik atau hanya untuk pertunjukan.

Sekarang mari kita simak pembahasan lebih lanjut mengenai seni murni berdasarkan ulasan di bawah ini, oke!

Apa pengertian seni rupa murni?

Seni rupa murni adalah salah satu cabang seni yang diciptakan untuk focus pada nilai keindahan serta estetisnya. Walaupun demikian, seni rupa murni juga memiliki beragam pemikiran serta unsur idealisme dari para seniman itu sendiri. Dan perlu kamu tau jika jenis seni rupa ini mempunyai nilai estetis yang cukup tinggi.

Seni Rupa Murni

Seni rupa ini cenderung bersifat bebas, serta terkadang mempunyai daya eksperimental yang tinggi dibandingkan dengan seni rupa yang lainnya. Hal ini yang menyebabkan seni rupa ini sulit untuk dipahami masyarakat pada umumnya. Sebagai contoh patung, instalasi, lukisan dan sebagainya.

Untuk tau lebih lanjut tentang fungsi dari seni murni, yuk simak baik-baik infonya berikut ini ya!

Apa fungsi dari seni rupa murni?

Setelah kalian paham tentang pengertian seni murni, maka selanjutnya apa fungsi dari seni murni tersebut? Fungsi dari seni murni itu sendiri adalah hanya digunakan sebagai hiasan atau  pajangan semata. Dimana hal ini tak bisa dipakai untuk mempermudah mobilitas dalam kehidupan sehari-hari.

Apa saja contoh seni rupa murni?

Pada seni ini mengusung tema kemurnian dari seni itu sendiri. Apa maksudnya? Jadi maksudnya adalah pada seni murni ini tak memerlukan fungsi terapan dan hanya dikonsumsi untuk keindahan serta hiburan semata. Adapun beragam contoh seni murni ini antara lain yakni:

1. Seni grafis

Seni grafis merupakan bagian dari seni murni dan terapan. Apabila digunakan sebagai hiasan maka bisa disebut sebagai seni murni.

2. Seni fotografis

Seni fotografis adalah seni murni yang berkembang karena akibat dari kemajuan teknologi kamera. Dunia fotografi banyak digemari oleh berbagai kalangan, dimana tujuannya untuk mengekspresikan diri.  Apabila dipadukan dengan seni tersebut maka objek yang difoto akan semakin ciamik.

3. Lukisan

Lukisan merupakan sebuah seni yang dibuat dengan cara menggoreskan cat dengan kuas secara sengaja. Media yang digunakan biasanya berupa kanvas dan karya seni rupa ini hanya sekedar berfungsi sebagai hiasan dinding saja.

4. Relief

Gambaran atau lukisan yang ditampilkan dalam wujud 3 dimensi yang terletak di atas bidang 2 dimensi ini merupakan pengertian dari relief. Hal ini biasanya terdapat pada tugu-tugu peringatan atau pada candi. Pada  umumnya berisi diorama yang di dalamnya mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi.

5. Patung

Patung adalah bentuk ekspresi dari jiwa seseorang. Dan orang yang membuatnya biasanya berbentuk visual yang membentuk 3D, dimana tujuannya untuk keindahan. Contohnya seperti patung berbentuk manusia, hewan dan sebagainya.

6. Kaligrafi

Salah satu jenis seni rupa 2D adalah kaligrafi, yang mana hanya digunakan untuk hiasan saja. Karya seni ini biasa dipajang sebagai penghias dinding di masjid atau rumah.

7. Mozaik

Pengertian mozaik adalah seni merangkai potongan-potongan kecil bebatuan, keramik ataupun kaca yang bisa dijadikan sebuah karya seni baru yang indah untuk pandang. Inilah yang menyebabkan mozaik termasuk dalam karya seni murni.

8. Ukiran

Seni memahat dengan menggunakan media berupa batu atau kayu yang bisa dijadikan menjadi sebuah karya seni yang indah merupakan pengertian dari ukiran. Karya seni ini biasanya berbentuk makhluk hidup.

9. Topeng

Masih membahas contoh seni murni, selanjutnya adalah topeng. Topeng merupakan seni rupa yang tak hanya bisa dipajang di dinding saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai property untuk menari. Seni ini bisa mengekspresikan suasana hati manusia serta menambah nilai keindahan tersendiri.

10. Kerajinan dari keramik

Contoh seni murni yang terakhir ini akan memperlihatkan keindahannya karena bahan yang digunakan berasal dari keramik, seperti guci, vas bunga dan juga bentuk lainnya. Selain itu juga diukir dengan beragam varian warna yang indah.

Apa saja jenis-jenis seni rupa murni?

Perlu kamu ingat jika karya seni murni ini banyak diproduksi oleh para perupa baik di dalam negeri ataupun mancanegara.

1. Nusantara

  • Seni patung : Dewa Made, Nyoman Nuarta, dan G. Sidharta.
  • Seni lukis : Basuki Abdullah, Affandi, R. Saleh, dan Dullah.
  • Seni grafis : Widayat, AD Pirous, Abdul Salam, dan I Made Daryana.

2. Mancanegara

  • Seni patung :  Auguste Rodin (Perancis), Michelangelo (Italia).
  • Seni lukis : Leonardo da Vinci (Italia), Vincent van Gough dan Rembrandt van Rijn (Belanda).

Apa saja macam-macam gaya seni rupa murni Nusantara dan Mancanegara?

Perlu kamu ketahui jika ada bermacam-macam gaya dalam seni rupa, diantaranya yakni:

  • Primitive
  • Tradisional
  • Klasik
  • Modern
  • Romantisme
  • Reprentatif
  • Realisme
  • Naturalisme
  • Deformatif
  • Surealisme
  • Kubisme
  • Ekspresionisme
  • Impressionisme
  • Abstraksionisme

Demikian pembahasan kita mengenai seni rupa murni. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih dan sampai jumpa lagi ya pada pembahasan yang lainnya.

You May Also Like

About the Author: Nose Rania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *